Bagaimana Kamu Tau Ini Semua Ngga Sia-Sia?

Dulu waktu SD, nilai udah jadi senjata yang cukup untuk bikin saya mau belajar. Soalnya kalo ga belajar, saya ga bisa dapet nilai bagus, ga bisa dapet ranking, merasa kalah dari teman, plus saya merasa kalo saya ga ranking satu orang tua saya sedih. Padahal ternyata mereka biasa aja.

Sekarang pas udah kuliah pikiran saya udah beda. Waktu belajar elemen mesin, saya mikir: buat apaa coba saya belajar beginian. Kalo jadi entrepreneur juga kayaknya saya udah lupa pelajaran ini. Kayak sekarang saya lupa siapa aja pahlawan yang gugur di zaman-zaman perjuangan dulu. Why should we learn things that we will never make use of?

Waktu yang saya gunakan untuk belajar hal-hal yang saya akan lupakan bisa saja sebenernya saya pakai untuk hal lain yang lebih berguna.

__________________________

Ada yang mau berpendapat?

Dalam beberapa detik, otak saya sudah memikirkan balasan untuk argumen di atas: tapi waktu SD kamu ga tau kalo, di masa depan kamu ga akan masuk ke bidang sejarah.

Sama kaya sekarang.

Saya belum tau apakah saya memilih pilihan tepat dengan ga aktif sama sekali di unit dan himpunan, atau dengan pilihan untuk memulai proyek start-up baru, atau dengan pilihan mengalokasikan sebagian fokus saya dari akademis kepada start-up project ini.

Will these matter to me in the future?

Saya melihat, adik yang saya perjuangkan dulu sampai dia berubah, sekarang sudah kembali lagi ke dunia awalnya. Beberapa orang datang dan tertanam, beberapa orang lagi datang sebentar dan pergi lagi.

Saya seakan melihat apa yang saya perjuangkan jadi nggak berakhir baik. Udah memberi banyaaak gaya, tapi ga ada perpindahan. Seperti mendorong tembok. Gaya yang saya keluarkan ga terpakai. Sia-sia.

Saya melihat,effort yang saya keluarkan untuk bikin tubes di mata kuliah tertentu begitu besar, tapi nilai yang diberikan cuma sepersekian dari IPK total, yang pada akhirnya ngga serta-merta bisa bikin hidup saya lebih baik. Bisakah semua ini pada akhirnya membuat saya mencapai tujuan hidup saya?

In the end, will all of these really matter?

__________________________

And He says, ”Who stands in the end?”

You?

Why don’t you believe Me then?

__________________________

Now faith is confidence in what we hope for and assurance about what we do not see. (Hebrew 11:1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s