Mengapa Sion Ministry ‘Sesat’?

satu

Saat menulis ini, saya berdoa pikiran dan hati saya dan juga tiap orang yang membaca diterangi oleh hikmat Roh Kudus.

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran,  Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. (Yohanes 16:13)

Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh, supaya ia berhikmat.  Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan  bagi Allah. Sebab ada tertulis: “Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya. ” Dan di tempat lain: “Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang berhikmat; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka. ” (1 Korintus 3:18-20)

Saya benar-benar berusaha membuat tulisan ini menjadi tulisan eksploratoris, bukan persuasif apalagi defensif. Saya hanya ingin mengatakan kebenaran yang saya hidupi. Harapan saya, FAQ ini ngga berakhir di sini, jika teman-teman memiliki pertanyaan yang belum terjawab, bisa e-mail saya atau tulis comment di bawah post ini. Kalau udah terkumpul agak banyak, saya akan bikin post baru.

Q: Kenapa kakak menulis post ini?

A: Pertama, karena saya melihat beberapa pihak di beberapa tubuh Kristus menjelek-jelekkan satu sama lain. Padahal kalau di Korintus, kita semua tetap satu tubuh kan. Sungguh aneh melihat mata memandang tangan tidak berguna, atau sesat, padahal mereka berada di bawah satu kepala.

Kamu semua adalah tubuh Kristus  dan kamu masing-masing adalah anggotanya (1 Korintus 12:27)

Saya tulis beberapa, karena bukan semua orang di suatu kelompok. Sejujurnya, dulu pun saya termasuk ke golongan beberapa ini. Waktu komunitas tempat saya bertumbuh dijelek-jelekkan, saya merasa marah pada pihak ybs.

Kedua, karena saya pengen ngasih pandangan lain. Salomo di Amsal berkata:

Pembicara pertama dalam suatu pertikaian nampaknya benar, lalu datanglah orang lain dan menyelidiki perkaranya. (Amsal 18:17)

Jadi sampai saat ini, saat saya mendengar suatu berita, saya langsung akan cek kebenarannya. Bisa dari pihak sebaliknya, bisa dari senior, bisa dari nanya Tuhan :p Saya ngga mau jadi manusia bodoh yang ditipu oleh dunia ini.

Q: Bukannya fenomena ini udah lama yah?

A: Iya, bahkan sejak zaman Kisah Rasul. Coba lihat di surat untuk jemaat Korintus. Di sana Paulus menulis hal ini:

Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan bahwa kamu manusia duniawi dan hidup secara manusiawi? Karena jika yang seorang berkata, “Aku dari golongan Paulus,” dan yang lain berkata, “Aku dari golongan Apolos,” bukankah hal itu menunjukkan bahwa kamu manusia duniawi? Jadi, siapakah Apolos? Siapakah Paulus? Pelayan-pelayan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut tugas yang diberikan Tuhan kepadanya. Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang menumbuhkan. (1 Korintus 3:5-6)

Tubuh Kristus memang memiliki banyak bentuk, tapi saat orang-orang Korintus menjadikan golongan-golongan di antara mereka lebih penting daripada pengenalan akan Tuhan, bahkan mengatakan golongan satu lebih baik dari yang lain, atau hanya golongannya yang benar, itu yang salah.

Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang menumbuhkan. Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri. Karena kami adalah kawan sekerja untuk Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah (1 Korintus 3:7-9)

Q: Jadi, gimana saya tau bahwa itu golongan yang benar dan golongan yang sesat?

A: Gampang.

“Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.”
(1Tes. 5:21)

Bagaimana mengujinya?

Sebab firman Allah hidup dan kuat  dan lebih tajam dari pada pedang  bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati  kita. (Ibrani 4:12)

Gampang kok, asal bertentangan dengan firman pasti sesat.

Q: Oke langsung aja, kenapa kakak bergabung sama Sion?

A: Alasan pertama, karena saya dapatkan dalam doa saya. Alasan kedua, karena waktu itu (ini jujur) saya pengen punya kakak PA yang sering traktir saya.

Q: Apa yang membuat kakak masih bertahan di Sion?

A: Tuhan. Karena saya menemukan Tuhan di sini (bisa dilihat di sini dan di sini). Meskipun teman saya bilang Sion itu gak baik dll., ya gimana yah, saya udah menemukan Tuhan di sini. Kalau kata Yesus,

Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.(Matius 7:20)

Di sini saya melihat orang yang hancur keluarganya dipulihkan, orang yang pegang-pegang jimat bertobat, seseorang yang dulunya sombong jadi rendah hati. Bukti paling nyata bagi saya adalah kehidupan saya sendiri.

Q: Kakak sedang promosi Sion?

A: Mmm jangan salah maksud yah hahaha. Gak semua orang harus masuk Sion. Tiap pribadi pasti punya tempat spesifik untuk bertumbuh, tanya Roh Kudus aja, uji dengan firman apakah tempat kamu memang tepat di sana atau di situ atau di mana sebaiknya. Tuhan pasti menunjukkan kok, kalau kita tanya. Kadang-kadang kita aja yang keras hati atau gak pede dengan kemampuan kita mendengar suara-Nya #pengalaman sendiri. Untuk gimana cara dengar suara-Nya, ada banyak referensi di internet. Tapi cari yang bener ya. Ini situs yang saya rekomendasikan.

Q: Apa pandangan kakak tentang orang-orang yang nggak suka dengan komunitas kakak?

A: Well, pertama saya merasa kasihan. Hahaha, truly. Apalagi kalau seseorang itu Tuhan tetapkan di Sion namun karena mendengar dan percaya berita-berita negatif tentang komunitas ini trus akhirnya mengeraskan hati bahkan menolak, panggilannya nggak akan semaksimal seharusnya. Sekali lagi, gak semua orang harus masuk Sion. Masuklah ke komunitas yang ditetapkan Tuhan atas hidupmu.

Kedua, gak peduli. Buat saya, gak penting semua anggapan orang, karena setelah saya mendapatkan Tuhan, saya kayak dapet segalanya. Ketika ada orang yang menjelek-jelekkan, ya saya selow aja. Tuhan yang akan bela kok, kan saya kenal Dia 😀

Saya bukan sombong rohani atau gimana yah, saya bahkan merasa pengenalan saya akan Tuhan masih belom ada apa-apanya. Masih ada banyaaak banget hal yang perlu saya kenal dari Pribadi itu. Anyway, mengenal Tuhan bukan hanya mengerjakan mukjizat, bukan hanya memuridkan ratusan orang, tapi benar-benar tahu isi hati Tuhan dan taat melakukannya.

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:21-24)

Hubungan ini hanya bisa didapatkan saat saya meluangkan waktu dan usaha saya untuk saat teduh, menantikan perkataan Tuhan tiap hari.

Q: Trus kak, saya pernah dengar Sion memaksakan bahasa roh buat tiap jemaatnya. Bener gak tuh?

A: Ini bakal agak panjang jawabnya. Jadi, kalau liat di Kitab Para Rasul,

Ketika tiba hari Pentakosta , semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. (Kis 2:1-4)

Masing-masing. Ini alkitab yang ngomong.

Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.” (Kis 2:38-39)

Janji ini buat kita juga.

Bahasa roh itu cuma tanda. Yang utama itu Roh Kudusnya. Baptisan Roh Kudus akan membuat kita maksimal dalam bersaksi.

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kis 1:8)

Sampai saat ini, saya gak pernah memaksakan orang untuk menerima Baptisan Roh Kudus. Adik PA saya yang dulu menolak juga ga saya paksa-paksa kok. Saya hanya rindu dia mengalami yang lebih dari Tuhan, tapi keputusan meminta itu dari dia sendiri kan. Gak percaya? Tanya sendiri aja sama dia.

Q: Mmm sori kak mungkin agak mundur dikit. Kenapa kakak percaya BRK?

A: Kalau boleh jawab jujur, karena saya menerimanya saat saya sedang berdoa untuk keluarga saya sendirian di kamar. Waktu itu saya kelas 5 SD (Gak mungkin anak kecil bisa berpikir untuk merekayasa bahasa roh kan yah?). Saya berasal dari gereja injili, yang nggak pernah dikasih pengajaran tentang BRK. Saya tau bahasa roh dari radio rohani yang saya dengar, tapi saya nggak pernah dapet pengajaran tentang hal itu.

Bahkan, waktu itu saya berdoa untuk keluarga saya, bukan untuk BRK. Tapi ya itu, Roh Kudus selalu mengejutkan. Saya merasa agak panas, trus dari mulut keluar bahasa-bahasa yang saya gak ngerti. Kalian boleh percaya boleh ngga, tapi saya bisa jamin saya orang yang kredibel. Kalo ga percaya kredibilitas saya, bisa tanya temen saya. Kalau teman-teman gak percaya juga testimoni teman-teman saya tentang kredibilitas saya, saya meragukan dasar penilaian rasio teman-teman dalam mengartikan pernyataan logis.

Yang saya tau, saat saya dapat BRK, saya damai luar biasa. It was incredibly amazing.

Q: Oke oke kak, kalem. Penasaran aja nih kak, when you speak tongue, do you always scream out?

A: Iya iya saya kalem aja kok hehe. Tergantung Roh Kudus. Ada saat di mana saya bermazmur dengan bahasa roh, ada saat ketika Roh Kudus bawa saya untuk “berperang”, ya pas itu saya “berperang”. Kan kita berdoa dipimpin Roh Kudus yah. Benar, Roh Kudus adalah Pribadi yang lembut. Tapi jangan lupa juga Dia adalah Allah yang perkasa.

TUHAN keluar berperang seperti pahlawan, seperti orang perang Ia membangkitkan semangat-Nya untuk bertempur; Ia bertempik sorak, ya, Ia memekik, terhadap musuh-musuh-Nya Ia membuktikan kepahlawanan-Nya. TUHAN akan keluar seperti pahlawan, seperti seorang pejuang, Ia akan membangkitkan semangat. Ia akan berteriak. Ya, Ia akan meneriakkan seruan perang dan menang atas musuh-musuh-Nya. (Yesaya 42:13)

Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; (Yesaya 11:2)

Satu hal lagi yang saya mau tekankan, dalam sejarah saya nulis post, cuma di post ini saya membahas tentang bahasa roh. Kenapa? Karena bahasa roh itu nggak lebih besar dari Baptisan Roh Kudus, dan Baptisan Roh Kudus itu nggak lebih besar dari Roh Kudusnya sendiri. Berikut adalah contoh-contoh post yang disponsori oleh Roh Kudus.

  1. Deeper
  2. What I Wish I Knew in The Beginning of 5th Semester
  3. Suatu Pelajaran Tentang Mengeluh
  4. Bapa Ampunilah Mereka Sebab Mereka Tidak Tahu Apa yang Mereka Perbuat

Q: Trus trus kak, katanya jemaat Sion bakal jadi misionaris yah? Makanya disuruh-suruh PI? 

A: HAHA. Denger dari mana cuy? Gak kok. Sampai saat ini, bahkan saya diarahkan Tuhan untuk jadi seseorang di marketplace *bukan misionaris*, tapi tetap dengan hati misional. Dengan hati. Saya gak mau melakukan amanat agung (Matius 28:19) sebagai taurat. Jatuhnya kaya persembahan orang Israel nanti.

Jangan lagi membawa persembahanmu yang tidak sungguh, sebab baunya adalah kejijikan bagi-Ku. Kalau kamu merayakan bulan baru dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan, Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan. (Yesaya 1:13)

P.S.: buat yang belum tau jelas apa itu misionaris bisa lihat di sini http://kamus.cektkp.com/misionaris/

Q: Btw kenapa sih kak dari tadi isinya ayat semua? Gimana saya tau kakak ga asal comot?

A: Hahaha ya karena kebenaran absolut bukanlah perkataan manusia, tapi firman Tuhan. Kan udah dibilang tadi, sebab firman Allah hidup dan kuat  dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Roh Kudus yang akan kasih tau kok, trus kamu perlu uji sendiri juga, makanya baca alkitab yah! Jangan mau diajak sesat :3

Q: Kak kak, katanya anak Sion ga boleh aktif unit atau himpunan yah?

A: Tiap pemurid masih dalam proses pendewasaan, kalau ada yang merasa pernah bermasalah dengan hal ini, mohon maklum. Kalau saya sendiri, saya mengizinkan adik PA saya untuk aktif di unit dan himpunan asalkan mereka bisa membagi waktu dan menempatkan prioritas dengan baik dan kalau mereka benar-benar mendapatkan dari Roh Kudus bahwa dia harus ada di unit itu (saya belajar mendengar suara Tuhan dari perkara kecil). Kalau himpunan atau unitnya udah bikin dia rapat sampai jam 3 pagi (ini kejadian beneran, dan rapatnya tuh menurut saya gak masuk akal) baru saya bicara serius ke dia tentang himpunan/unitnya.

Oya, saya perkenalkan beberapa orang yang juga jadi petinggi di unit/himpunan.

Sandra Cory Clarisa Tarigan (Kadiv Keprofesian Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan)

Ribka Priscilla (Bendahara Sion Bandung 2012-2013, Sekretaris Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia ITB 2012-2013, Tarbantin PMK, Lulus Cumlaude)

Jimmy Petra Sanjaya (Koordinator Umum Sion Bandung 2013-2014, Ketua Unit KSEP 2012-2013)

Kiky Marsha (Cakahim Keluarga Mahasiswa Kelautan, Menteri Olahraga KMKL)

Hans Andreas Mikhael (Kadiv intern PMK 2013-2014, Danlap Osjur Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia 2013)

Frans Frisco S.S. (Kadiv Marketing Phiwiki, anak ITB pasti tau, 2014)

Q: Kalo IP kak? Jangan-jangan jeblok?

A: Nih saya kasih list aja ya hehehe.

Gracia Meliola Sitorus (Fisika 2011): IPK 3,9x

Stefanus Setiawan (Kelautan 2010): IPK 3,9x

Fendy (Kimia 2005): IPK 3,98

IP saya juga lumayan kok walaupun ga sekeren mereka hahaha. Mungkin ada yang berpikir mereka outlier, atau satu persen dari populasi, yaah lain kali saya bikin penelitian rata-rata IP anak Sion deh hahahahaha

Q: Katanya di Sion kurang kasih antarsesama yah?

A: Yah well, semua masih dalam proses pendewasaan, tapi saya sendiri merasa, dari hari ke hari, pendefinisian saya tentang kasih berubah. Pokoknya dulu saya yang supercuek sama semua orang bisa secara otomatis memperhatikan orang. Kalau bukan kasih dari Tuhan saya nggak tau apalagi namanya. Saya nggak mengasihi seseorang karena apa yang dia punya, tapi karena ada gambar Allah dalam dirinya *agak teknis yah istilahnya? Kapan-kapan saya bikin post tentang ini deh hehe*

Q: Oooh oke deh kak. Nanti kalau ada pertanyaan lagi saya bakal ngehubungin kakak deh.

A: Iya, ati-ati ya. Sama-sama. Jangan lupa saat teduh tiap hari.

Eksploratoris kan? Buat yang masih ada pertanyaan, komen aja yahh atau kirim e-mail. Semoga post ini belum cukup menjelaskan sehingga saya bisa punya interaksi dengan pembaca hahahaha *bosen yang kasih comment itu-itu doang*

Anyway, buat yang penasaran lebih lanjut apa itu Sion, bisa baca punya Peter atau punya Darien

Tuhan berkati!

AMDG

Advertisements

10 thoughts on “Mengapa Sion Ministry ‘Sesat’?

  1. Hans Andreas Mikael -> Kepala Departemen Pengembangan Anggota Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia 2014 – 2015

  2. wah anak kolese juga. senang bisa liat anak kolese aktif di sion.

    AMDG
    Gonz 2015, ITB 2016

    • Halo, wah senang juga bisa liat anak kolese lain ^^ sebenernya makin ke sini bakal makin banyak melihat prinsip-prinsip yang diajarin St. Loyola itu relevan haha~
      Mungkin kapan-kapan kita bisa ketemu ^^

  3. Mampu berbahasa Roh adalah kasih karunia namun apa artinya jika hidup tanpa kasih seperti yang Tuhan Yesus ajarkan

  4. Kak, gimana kalo misalnya yg menentang sion itu sesat adalah keluargaku sendiri, aku ingin tetap bersekutu dlm sion, tapi keluargaku mengarahkan aku buat ga ikut, lalu gimana? Masa aku harus menentang orang tua? Durhaka dong:( aku ga bisa lawan orang tua, tapi aku bingung buat ikut:(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s